Kisruh Calon Komisioner KPUD, Kapankah Akan Berakhir.... ???

Published in KARIMUN
Written by  29 May 2013
Rate this item
(0 votes)

images/ACILL.jpg

Tampak, Ketua Kualisi LSM se-Kabupaten Karimun yang juga sebagai Ketua LSM Asli Karimun Maju (AKM), Rahimat Azhar didampingi beberapa LSM lainnya sebelum menunjukkan pernyataan sikap yang dibuat kepada wartawan, Rabu (29/5).

 

KARIMUN (karimuntoday.com) - Belakangan pemberitaan mengenai beberapa ormas mendesak dan menuntun Timsel Calon Anggota KPU Kabupaten Karimun mencoret lima nama calon komisioner KPU karena dinilai tidak memenuhi syarat sedang menghangat.

Lima nama diminta dicoret oleh ormas tersebut adalah tiga anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Karimun, yaitu Tiuridah Silitonga, Mardanus, Kasirul Fadly, komisioner KPU Provinsi Kepri M Nasruddin dan akademisi Universitas Karimun Fitra Taufik. 

Namun, dari kalangan lembaga lainnya tidak setuju jika salah satu dari lima tersebut digugurkan dan membantahkan apa yang menjadi tuduhan itu tidak benar sehingga timbullah perseteruan yang hebat.

Sebanyak dua puluh Ormas, OKP, Paguyuban dan Tokoh Masyarakat membuat pernyataan sikap gugurnya M Nasruddin satu dari lima yang diminta agar namanya dicoret sebagai calon anggota komisioner KPU Kabuaten Karimun.

Adapun kalangan lembaga yang membuat pernyataan sikap dan mendukung penuh kandidatnya tersebut ialah Laskar Melayu Bersatu (LMB), Pemuda Pancasila (PP), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM UK), Bumi Berazam, Himmah, FKPPI, Pemuda Telaga Tujuh, RT Telaga Harapan, PDM Karimun, AMPI, AKM, Semenenjang Kita, Aliansi Front Aktifis Karimun, PDPK dan Karimun Peduli.

Ketua Kualisi  LSM se-Kabupaten Karimun yang juga sebagai Ketua LSM Asli Karimun Maju (AKM), Rahimat Azhar, pernyataan sikap ini dikarenakan hasil rapat pleno oleh Timsel KPU Karimun dibawah tekanan serta intimidasi dari sekolompok massa menuntuk agar M. Nasruddin dari lima nama digugurkan sebagai calon anggota komisioner KPU Kabuaten Karimun."Ujarnya kepada KARIMUNTODAY.COM, Rabu (29/5) di Tanjung Balai Karimun.

Rahimat  menyebutkan, dalam pernyataan sikap yang dibuat sebanyak dua puluh Ormas, OKP, Paguyuban dan Tokoh Masyarakat ada terdapat lima poin yang berbunyi.

1. Mengutuk keras tindakan anarkis, intimidatif dan kurang berbudaya oleh sekelompok massa dalam rapat pleno Timsel KPU Karimun yang dilaksanakan di Hotel Marina Tanjungbalai Karimun, Sabtu 25 Mei 2013 lalu sekitar pukul 14.00 WIB.

2. Menolak hasil keputusan pleno Timsel KPU Karimun karena dilakukan dibawah tekanan sekelompok massa. Produk hukum dibawah tekanan adalah batal demi hukum karena pembuat keputusan dianggap tidak dengan kesadaran penuh.

3. Meminta KPU Provinsi Kepri untuk mengambil aih dan mengulang kembali proses penetapan 10 besar hingga 5 besar yang dilakukan langsung oleh komisioner KPU Provinsi Kepri secara objektif. Kami siap mengawal hasil keputusan yang dilakukan secara baik untuk menghasilkan penyelenggara pemilu terbaik di Kabupaten Karimun.

4. Meminta aparat penegak hukum agar mengawal dan menjaga proses ini sebaik-baiknya agar tidak ada lagi bentuk-bentuk intimidasi, agitasi dan propaganda dalam keputusan ini demi tegaknya demokrasi yang sehat dan santun di negeri berazam ini.

5. Peristiwa ini harus disikapi dengan sangat serius oleh semua pihak yang berwenang karena menjadi preseden buruk bagi demokrasi di Karimun. Jika ini dibiarkan untuk waktu selanjutnya tidak akan ada orang yang bersedia menjadi Timsel KPU di Kabupaten Karimun karena selalu ditekan dan diintimidasi oleh orang-orang yang kalah dalam kompetisi yang sehat.

Lanjutnya, pemerintah dan aparat penegak hukum harus tegas apabila ada terdapat kesalahan atau melanggar hukum agar diproses sesuai hukum yang berlaku. Jangan menegakkan hukum setengah-setengah sebab NKRI adalah negara hukum, yang salahikatakan salah yang benarikatakanlah benar."Kata Rahimat.

Dalam waktu dekat ini LSM yang tergabung akan menjumpai Ketau KPU Provinsi Kepri untuk mempertanyakan mengapa yang layak menjadi anggota KPU akan tetapi ditolak (gugur)."Katanya lagi.(Novel.K)

 

Canggai Putri

:: KEPRI

KALENDER BERITA

« August 2014 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
DISPENDA KARIMUN